[Tutorial EXCEL] uji z: Perbedaan Rata‐rata Dua sampel saling bebas (two sample for means)

adsense 336x280 Uji hipotesis dua rata-rata digunakan untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan (kesamaan) rata antara dua buah data. untuk kali ini akan dibahas khusus tentang tutorial mengenai uji z: perbedaan dua rata-rata yang dimana digunakan ketika permasalah kita membandingkan rata-rata dua kelompok yang diketahui varians populasinya dan sudah memenuhi asumsi normalitas (parametrik). untuk lebih jelasnnya berikut contoh soalnya:

Misalkan suatu metode perakitan produk dalam pabrik tertentu memerlukan kira-kira satu bulan masa training untuk seorang pegawai baru untuk mencapai efisiensi maksimum. Suatu metode training yang baru telah diusulkan dan pengujian dilakukan untuk membandingkan metode baru tersebut dengan prosedur yang standar. Dua kelompok yang masing-masing terdiri dari sembilan pegawai baru dilatih selama periode waktu tiga minggu, satu kelompok menggunakan metode baru dan lainnya mengikuti prosedur latihan yang standar. Lama waktu (dalam menit) yang diperlukan oleh setiap pegawai untuk merakit produk dicatat pada akhir dari periode empat-minggu tersebut, dan hasilnya dapat dilihat pada tabel berikut.

Standar
32
37
35
28
41
44
35
31
34
Baru
35
31
29
25
34
40
27
32
31


Apakah data ini memberikan cukup bukti untuk menyatakan bahwa mean (rata-rata) waktu untuk merakit produk pada akhir periode empat minggu latihan adalah tidak sama untuk prosedur (metode) latihan baru dimana diketahui varians populasi untuk prosedur standar 25 dan untuk prosedur baru varians 20?


Langkah yang paling vital yaitu analisis metode yang akan digunakan. karena membahas tentang uji dua rata-rata ya tentu saja metodenya uji dua rata-rata. tapi alangkah lebih baiknya kita harus mengerti karena nantinya dalam penelitian sebenarnya kita tidak bisa langsung tau pakai metode apa.

  1. Dari permasalahan kasus terlihat bahwa peneliti ingin membandingkan metode yang baru standar mana yang lebih baik. tentu saja ini membandingkan dua kelompok.
  2. yang dibandingkan yaitu lama waktu (dalam menit). tentu saja ini adalah rata-rata. sehingga bisa dikatakan permasalahannya yaitu membandingkan rata-rata dua kelompok.
  3. kelompok 1 dan kelompok 2 disini berbeda. disini terjadi pemisahan penggunaan (bukan orang yang sama) sehingga bisa dikatakan independent (bebas). disini kita satukan kesimpulan sebelum diatas menjadi perbandingan rata-rata dua kelompok independent.
  4. kemudian kita identifikasi apakah datanya parametrik atau tidak. bisa dilihat disini syarat parametrik. jika parametrik bisa pakai cara ini. tapi jika tidak memenuhi kita bisa menggunakan uji perbandingan rata-rata dua kelompok non parametrik.
  5. nah disini kita hampir dekat nih. pertanyaan selajutnya varians populasi diketahui apa tidak. jika diketahui pakai uji z dan jika tidak tidak diketahui pakai uji t. nah berdasarkan data diatas diketahui varians populasi diketahui sehingga dapat disimpulkan menggunakan metode uji z: perbandingan rata dua sampel/kelompok independent.

setelah identifikasi metode. kita laksanakan metode tersebut dalam hal ini excel.

1. Masukkan data Excel seperti berikut:
data


2. kemudian pilih menu Data, pada ujung paling kanan terdapat Data Analysis. tools ini muncul jika kita sudah mengaktifkannya. Untuk langkah-langkah mengaktifkan toolpak silahkan klik toolpak analysis. Hasilnya sebagai berikut:
data analysis


3. pilih z-test: two sample for means. terus klik OK. hasilnya berikut:
z  test


4. berikut penjelasan tentang fungsi di atas.

  • variable range: difungsikan untuk memasukkan data per kelompok. artinya memasukkan data satu per satu. untuk memasukkan data untuk pada data paling atas dituliskan nama variabel karena dalam excel pada baris pertama dijadikan variabelnya.
  • Hypothesized mean difference: nilai hipotesis yaitu masukkan angka 0(nol).
  • Variance(known): disini memasukkan varians populasi yang diketahui tadi(dalam soal).
  • Alpha: yaitu titik kritisnya
  • Output options: pilihan untuk menetukan mau ditaruh dimana hasil analisisnya (output).

Kemudian setelah itu klik OK. Hasil Outputsebagai berikut.
z test output


Hasil ini menunjukkan bahwa nilai statistik t yang diperoleh adalah 1.6495, dan nilai p-value pengujian adalah 0.05927. Dengan menggunakan kaidah pengambilan keputusan berdasarkan p-value, maka pada a=0.05 dapat disimpulkan bahwa pengujian menunjukkan gagal tolak H0 . Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa rata-rata waktu perakitan dengan metode baru dan metode standar adalah tidak berbeda atau dugaan bahwa metode baru memberikan waktu perakitan lebih cepat adalah tidak didukung oleh data. Hasil excel ini bukan hanya mencakup hipotesis dua arah tetapi juga untuk dua arah. dan hanya software yang aku ketahui terdapat uji z:perbedaan rata-rata dua sampel independent.


Untuk Sedikit Materi tentang Perbedaan Rata‐rata Dua sampel saling bebas (two sample for means)

Kalau ada kritik, saran dan pertanyaan silahkan komentarnya di kolom komentar di bawah. Kalau tidak punya akun silahkan ditulis sebelah kiri yaitu kolom “Chatbox”. Mohon dicantumkan email atau contact yang bisa dihubungi.

Sumber: Wikipedia

adsense 336x280

0 Response to "[Tutorial EXCEL] uji z: Perbedaan Rata‐rata Dua sampel saling bebas (two sample for means)"

Post a Comment