Perkenalan penggunaan software "R" dalam Analisis Statistik

adsense 336x280 R adalah suatu sistem untuk analisis data yang termasuk kelompok software statistik open source yang tidak memerlukan lisensi atau gratis, yang dikenal dengan freeware. Sampai saat ini, pengguna statistika di Indonesia masih belum banyak yang menggunakan R untuk keperluan analisis data. Sebagian besar pengguna statistika di Indonesia masih menggunakan paket‐paket statistik komersil, seperti SPSS, MINITAB,
S‐plus, SAS
, atau Eviews.
statistic r software

Versi awal dari R dibuat pada tahun 1992 di Universitas Auckland, New Zealand oleh Ross Ihaka dan Robert Gentleman. Pada awalnya, versi pertama R dibuat oleh Ross Ihaka and Robert Gentleman dari Universitas Auckland. Pada saat ini, source code kernel R dikembangkan terutama oleh R Core Team yang
beranggotakan 17 orang statistisi dari berbagai penjuru dunia. Selain itu, para statistisi lain pengguna R di seluruh dunia juga memberikan kontribusi berupa kode, melaporkan bug, dan membuat dokumentasi untuk R.

Kelebihan dari R adalah:

  1. Efektif dalam pengelolaan data dan fasilitas penyimpanan. Ukuran file yang disimpan jauh lebih kecil dibanding software lainnya.
  2. Lengkap dalam operator perhitungan array,
  3. Lengkap dan terdiri dari koleksi tools statistik yang terintegrasi untuk analisis data, diantaranya, mulai statistik deskriptif, fungsi probabilitas, berbagai macam uji statistik, hingga time series.
  4. Tampilan grafik yang menarik dan fleksibel ataupun costumized.
  5. Dapat dikembangkan sesuai keperluan dan kebutuhan dan sifatnya yang terbuka, setiap orang dapat menambahkan fitur-fitur tambahan dalam bentuk paket ke dalam software R 6) R bersifat multiplatform, yakni dapat diinstall dan digunakan baik pada system operasi Windows , UNIX/LINUX maupun pada Macintosh. Untuk dua system operasi disebeutkan terakhir diperlukan sedikit penyesuaian.
R dapat diperoleh secara gratis di CRAN‐archive yaitu The Comprehensice R Archive Network di alamat http://cran.r‐project.org. Pada server CRAN ini dapat didownload file instalasi binary dan source code dari R‐base system dalam sistem operasi Windows (semua versi), beberapa jenis distro linux, dan Macintosh.

Fungsi dan kemampuan dari R sebagian besar dapat diperoleh melalui Add‐on packages/library. Suatu library adalah kumpulan perintah atau fungsi yang dapat digunakan untuk melakukan analisis tertentu. Sebagai contoh, fungsi untuk melakukan analisis time series dapat diperoleh di library ts. Instalasi standar dari R akan memuat berbagai library dasar, antara lain base, datasets, graphics, utils, dan stats. Library lain hasil kontribusi dari pengguna R (di luar yang standar) harus diinstal satu per satu sesuai dengan yang dibutuhkan untuk analisis. Daftar semua library yang tersedia dapat diakses dari link download CRAN di alamat http://cran.r‐project.org.

Sekian sedikit penjelasan mengenai software R. mudah-mudahan bisa memberikan gambaran sedikit mengenai software ini. dan kalau bisa dipergunakan dan disebarkan. untuk cara penggunaannya insya allah akan dbuat tehnik dalam analisis statistik manggunakan software R. mudah-mudahan bisa terlaksana. amiiiiin.

Sumber: APLIKASI SOFTWARE STATISTIK “R” , Buku suhartono2008: "ANALISIS DATA STATISTIK DENGAN R"
adsense 336x280

0 Response to "Perkenalan penggunaan software "R" dalam Analisis Statistik"

Post a Comment